Sabtu, 19 Januari 2013

Tips Agar Tubuh Selalu Langsing

Tips Agar Tubuh Selalu Langsing

Anda bisa menurunkan berat badan jika tetap makan dengan teratur dan menurunkan berat badan selalu identik dengan tidak makan, padahal anggapan tersebut salah. Justru, Jeffrey R Garber, Presiden America College of Endocrinology mengatakan bahwa Anda memang harus mengurangi kalori untuk menurunkan berat badan. Namun makan terlalu sedikit dapat menyebabkan metabolisme melambat dan bergantung pada kalori yang Anda berikan.

Melewatkan sarapan, maupun waktu makan lainnya, akan membuat Anda lebih lapar dari biasanya sehingga porsi makan di waktu berikutnya akan jauh lebih banyak. Jika ingin diet, Anda harus tetap makan teratur dengan bahan makanan yang sehat dan dalam porsi kecil, serta beralih ke gandum maupun sereal yang memiliki kandungan serat lebih tinggi.

Metabolisme akan terus melambat seiring bertambahnya usia, tidak peduli Anda diet atau tidak. Tapi kenaikan berat badan tentu saja bisa dihindari dengan cara diet, olahraga atau pilihan gaya hidup yang sehat, sehingga kalori dalam tubuh Anda dapat terbakar tanpa peduli berapa usia Anda. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membakar kalori, seperti dikutip dari Womans Day:

1. Meningkatkan Protein
Protein merupakan sumber gizi yang bagus untuk tubuh. Selain berguna untuk membentuk otot, mengkonsumsi protein juga mampu membakar banyak kalori dalam tubuh Anda. Brad Schoenfeld, penulis buku The Woman’s Home Workout Bible, mengatakan, "20-30% kalori terbakar untuk mencerna protein dalam tubuh Anda. Jumlah ini sangat tinggi bila dibanding dengan kalori yang terbakar untuk mencerna karbohidrat (6-8%) dan lemak (2%)."

Schoenfeld menjelaskan bahwa setiap wanita yang bekerja harus makan 1 gram protein per 1 kg berat badannya. Protein bisa Anda dapatkan dari ikan salmon atau tuna, kacang-kacangan, daging ayam, daging sapi tanpa lemak, dan telur.

2. Minum Kopi
Minum kopi atau minuman apapun yang mengandung kafein, misalnya teh, mampu membakar kalori dalam tubuh Anda. Kafein diyakini dapat menaikkan metabolisme tubuh. Pada beberapa penelitian ditemukan hasil bahwa minum kopi atau teh sebelum olahraga dapat meningkatkan ritme dan durasi olahraga Anda. Minumlah kopi atau teh untuk mengawali hari, maupun sebelum Anda berolahraga sehingga kalori yang terbakar akan bertambah.

3. Beraktivitas
Beraktivitas ringan seperti berdiri atau berjalan keliling kantor akan membakar kalori lebih banyak daripada Anda hanya duduk di depan komputer. Berolahraga setiap hari dengan durasi 30 menit memang penting dilakukan, namun jika setelah itu Anda lebih banyak diam daripada beraktivitas, maka kalori yang terbakar pun hanya dalam jumlah kecil. Jadi mulai sekarang sering-seringlah beraktivitas ringan seperti berjalan kaki, membersihkan rumah, atau naik turun tangga agar kalori yang terbakar dalam tubuh Anda semakin maksimal.

4. Mengonsumsi Ikan
Tuna, salmon, makarel dan minyak ikan adalah jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Mengkonsumsi jenis makanan ini akan membuat kandungan lemak dalam tubuh Anda lebih rendah dibanding bila Anda mengkonsumsi mentega, minyak zaitun, maupun minyak dari bunga matahari.

5. Olahraga Teratur dan Intensif
Dengan olahraga yang teratur, maka kalori yang terbakar akan cukup stabil. Buatlah jadwal rutin untuk berolahraga termasuk durasi lamanya Anda berolahraga. Setelah berhasil menjalani olahraga dengan rutin, naikkan juga intensitas olahraga Anda. Misalnya sehari sit-up 20 kali, Anda bisa menaikkannya sebanyak 25 kali. Jika sudah semakin jago, tambah lagi jumlahnya. Selain berguna untuk membakar kalori, hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk menstabilkan metabolisme dan menjaga bentuk tubuh Anda.
Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar